Blog Tugas dan Pelajaran menerima pertanyaan dari seorang siswa tentang Apa Perbedaan Imam dan Makmum dalam Sholat Berjama'ah?. Kami akan coba jelaskan sebagai berikut;

Dari pengertiannya, imam shalat ialah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin salat yang dilakukan secara bersama-sama (berjama'ah). Makmum adalah mereka yang melaksanakan salat secara berjama'ah dan bertindak sebagai anggota (yang dipimpin). Ada juga makmum Masbuq, yaitu orang yang melakukan salat berjamaah tidak dari awal karena terlambat mengikuti awal salat atau rakaat pertama.

Ada beberapa syarat dalam pemilihan imam shalat berjama'ah antara lain orang yang paling tua, laki-laki, yang paling fasih dalam membaca al-qur'an.

Jika seorang imam melakukan kesalahan salah satu rukun shalat seperti membaca surat al-qur'an atau keliru dalam gerakan shalat, maka makmum dapat memberitahu imam dengan mengucapkan subhanallah.

Susunan atau formasi shalat berjama'ah yaitu kaum pria di barisan depan setelah itu dipisahkan dengan sekat atau pembatas barisan kaum wanita.

Demikian penjelasan tentang Apa Perbedaan Imam dan Makmum dalam Sholat Berjama'ah?. Mudah-mudahan bermanfaat. Amin.

Silahkan Lihat Arsip File Edukasi Lainnya untuk Download Gratis di bawah ini:



Loading...

Post a Comment

 
Top