Menjawab pertanyaan tugas pelajaran Bahasa Indonesia tentang Apa Pengertian Anekdot dan Struktur Anekdot?. Kami meringkas informasi tentang anekdot dari berbagai sumber, sebagai berikut:

Anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Anekdot terkadang bersifat sindiran alami.

Secara umum, teks anekdot terdiri atas lima bagian atau struktur, yaitu:
  • Abstraksi; Abstraksi terletak di bagian awal paragraf. Fungsi abstraksi adalah memberikan gambaran tentang isi teks. Secara umum, bagian ini menunjukkan hal unik yang akan ada di dalam teks.
  • Orientasi; Orientasi merupakan bagian yang menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi. Pada bagian ini, penulis bercerita secara detail.
  • Krisis; Krisis adalah bagian terjadinya hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada penulis atau orang yang di ceritakan.
  • Reaksi; Reaksi merupakan bagian bagaimana cara penulis atau yang ditulis menyelesaikan masalah yang timbul pada bagian krisis tadi.
  • Koda; Koda adalah bagian akhir cerita, bisa juga dengan memberi simpulan tentang kejadian yang dialami penulis atau orang yang ditulis.
Struktur atau bagian tersebut dapat muncul secara keseluruhan dalam satu teks dan dapat pula hanya sebagian saja.

Anekdot merupakan sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Anekdot juga bisa sesingkat pengaturan dan provokasi dari sebuah kelakar.

Anekdot selalu disajikan berdasarkan pada kejadian nyata melibatkan orang-orang yang sebenarnya, apakah terkenal atau tidak, biasanya di suatu tempat yang dapat diidentifikasi.

Tapi, seiring dengan perubahan waktu dan pemahaman di masyarakat, modifikasi pada saat penceritaan kembali dapat mengubah sebuah anekdot tertentu menjadi sebuah fiksi, sesuatu yang diceritakan kembali tapi terlalu bagus untuk nyata.

Anekdot terkadang menghibur, anekdot bukan lelucon, karena tujuan utamanya adalah bukan hanya untuk membangkitkan tawa, tetapi juga mengungkapkan suatu kebenaran umum dari pada kisah singkat, atau untuk melukiskan suatu sifat karakter dengan ringan sehingga ia menghentak dalam kilasan pemahaman yang langsung pada intinya.

Demikian penjelasan tentang Apa Pengertian Anekdot dan Struktur Anekdot?. Mudah-mudahan bermanfaat.


Silahkan Lihat Arsip File Edukasi Lainnya untuk Download Gratis di bawah ini:



Loading...

Post a Comment

 
Top